MELALUI MEDIA INI AKU CERITAKAN KISAH HIDUP Q TENTANG DUKA LARA, TAWA BAHAGIA, KARENA HANYA DENGAN HURUF-HURUF INILAH AKU BISA JUJUR DENGAN DIRI KU SENDIRI

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sipnosis Teater Kapai-kapai naskah ARIFIN C NOER Sutradara SHINTA FEBRIANY produksi KALA TEATER 2013

Posted by Erstyn.S.N - -

Sipnosis Teater Kapai-kapai naskah ARIFIN C NOER Sutradara SHINTA FEBRIANY produksi KALA TEATER 2013

Cerita ini berawal dari ketika tokoh emak yang mendongengkan kepada Abu,sebuah dongeng tentang Pangeran dan Sang Putri yang selalu bahagia karena memiliki cermin Tipu Daya. Melalui dongeng tersebut secara tidak langsung Emak telah memberikan sebuah impian tentang keidahan Duniawi, karena menurut Emak kebahagian yang dicari oleh Abu ada di dunia ini walau pun letaknya sangat jauh yaitu berapada di ujung dunia. Dalam keraguan dan penasaran Abu pun menanyakan di manakah letak ujung dunia itu tempat dimana kebahagian akan selalu dirasakan oleh Abu, hati Abu pun mulai bergejolak dan bertanya-tanya kepada Burung, Katak, Rumput, Pohon, Air, Batu, dan Kambing. Hingga Abu bertemu kakek  yang menyakinkan ia bahwa kebahagiaan itu ada jika memiliki cermin sejati, cermin yang mampu melahirkan kejujuran dan kesadaran pada sebuah kenyataan. Namun Abu selalu terngiang kembali pada dongen Emak, Abu melamun tak lama kemudian tiba-tiba Abu tersentak dari lamunannya oleh bentakan Iyem berserta ribuan majikan. Namun emak, dibantu oleh tokoh Bulan dengan sinarnya , tetap mencoba menghibur Abu dengan melanjutkan dongeng tentang kehebatan Pangeran saat mendapatkan kekayaan dengan Cermin Tipu Daya. Makin hebatlah lamunan Abu.

Lewat tokoh yang kelam Abu digambarkan telah mulai menua, yang Kelam membuat dahi Abu berkerut dan badannnya makin lemah. Abu bersedih, tertegun memikirkan nasibnya. Namun Emaknya tetap menganjurkan agar Abu berbahagia dengan menggunakan Cermin Tipu Daya. Emak pun minta bantuan Rombongan Lenong untuk menghibur Abu dan Menyampaikan cerita Sang Pangeran, Raja Jin, Sang Putri, dan Cermin Tipu Daya.

Tokoh Emak juga memperingatkan Yang Kelam tentang tugasnya menambah penderitaan Abu. Emak mulai mempercakapkan tentang kematian kepada Abu. Dikatakannya bahwa nisan Abu kelak harus terbuat dari cahaya.

Makin berat tugas dan penderitaan Abu menghadapi majikan. Panggilan dengan bel dan teriakan terus-menerus. Disamping itu Abu pun mulai lebih banyak menghadapi Yang Kelam, yang bertugas memperlihatkan usia hidup Abu sebagai manusia. Yaitu menjadi tua dan mati. Dalam kedaan demikian Abu dan Iyem berpacu dengan sang waktu sambil Emak terus mengatakan bahwa Abu pasti berhasil mendapatkan cermin. Beberapa langkah lagi Abu akan mencapai ujung dunia.
Saat-saat Abu mulai mendekati tujuannya untuk mendapatkan Cermin Tipu Daya (kepuasan hidup yang didamba-dambakannya), mendekati ujung Dunia, Tokoh Emak pun memberikan sebuah mahkota kepada Abu,kemudian Abu berbalik membelakangi Emak untuk mengucapkan terimakasih kepada yang telah membantunya mencari Ujung Dunia untuk mendapatkan Cermin Tipu Daya, Emak pun membunuh Abu dari Belakang.

Itulah Cermin yang didambakan Olehnya (Abu), ujung dunia yang hendak dicapainya, yang tidak lain itu adalah kematiaannya, diungkapkan pada bagian akhir kakek dan yang lain menghantar jenasah Abu kepemakaman dengan membanggulnya (dua tokoh ynag memanggul), berarak berkeliling sambil menyayikan sebuah lagu (entah itu lagu apa),lalu Jenasah Abu pun di semayamkan.

Klik "Show" untuk melihat Foto >>>>>>>>>> <<<<<<<<<< Foto melihat untuk "Show" Klik
  • Kenangan di Merbabu.
  • Kenangan di Merbabu.
  • Kenangan di Merbabu.
  • Kenangan di Merbabu.
  • Kenangan di Merbabu.
  • Merbabu dan Merapi.
  • Merbabu dan Q.
  • Merbabu dan Q.
  • Bersama kita BISA.

RepubliC_GothiC

""